Radar Bali (Jawa Pos) Tendensius dan Tanpa Konfirmasi Cemarkan Nama Baik Wartawan dan Media Indonesia Satu

indonesiasatu, 29 Jul 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Dengan menampilkan foto ID Card yang berlogo JOURNALIST.ID, Radar Bali sudah gegabah dan dengan sengaja mencemarkan nama baik Jurnalis dan media Indonesia Satu Adi Lilik Gunawan. Tanpa konfirmasi pada Redaksi Indonesia Satu, Radar Bali sudah dengan sengaja melanggar kode etik Jurnalistik yang mengedepankan akurasi dan pemberitaan berimbang melalui konfirmasi kesemua pihak yang disebutkan atau ditampilkan dalam suatu berita, Senen 29/7/2019.

Hendri, pemimpin redaksi Indonesia Satu sangat menyayangkan tindakan Radar Bali yang nota bene merupakan bagian dari Jawapos.com, koran besar di Indonesia tapi sangat mengabaikan kode etik jurnalistik, UUD No. 40 tentang Pers, dan Undang-Undang nomor 11 tahun 2008 jo Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Kami akan melakukan tindakan hukum atas pencemaran nama baik Jurnalis dan Media Indonesia Satu, Setiap Jurnalis Indonesia Satu untuk memastikan keasliannya sangat muda untuk dilakukan, yaitu masing-masing Jurnalis kami punya portal pribadi journalist.ID sebagai Identitas Digital dari setiap Wartawan dari IndonesiaSatu.co.id, jadi tidak mudah memalsukan Identitas Wartawan Indonesia Satu, dan Adi Lilik Gunawan adalah Salah Seorang Jurnalis atau Wartawan Media IndonesiaSatu.co.id," jelas Hendri.

Pemberitaan Radar Bali (Jawa Pos) tertanggal 29 Juli 2019 sangat tendesius dan sangat jauh dari kata profesional, melakukan pemberitaan tanpa cek dan ricek serta investigasi dan konfirmasi kepada semua pihak terkait. Wartawan Radar Bali (Jawa Pos) belum pernah ketemu Adi Gunawan untuk verifikasi dan konfirmasi ke kantor Redaksi Indonesia Satu, dimana nomor telepon dan mobile dari Redaksi Indonesia Satu tertera jelas di Portal IndonesiaSatu.co.id.

Dengan melakukan pemberitaan tendesius ini (Dua kali pemberitaan pada hari yang sama dengan Judul yang berbeda, Senen 29/07/2019) dengan Editor yang sama Ali Mustofa, Radar Bali (Jawa Pos) telah melakukan pembunuhan karakter seseorang tanpa hak melalui Trial by Press, serta mencemarkan nama baik Media IndonesiaSatu.co.id dengan menampilkan ID Card dari Jurnalis IndonesiaSatu.co.id

"Sekali lagi saya tegaskan bahwa Adi Lilik Gunawan dengan ID Digital lilik.journalist.ID adalah benar seorang Wartawan dari Indonesia Satu dan Bukan Wartawan Gadungan seperti yang diberitakan oleh Radar Bali (Jawa Pos) dengan Judul " Ya Tuhan, Larikan Istri Orang, Wartawan Gadungan Dipolisikan,"  dan dengan judul "Bawa Kabur Istri Orang, Wartawan Gadungan Itu Merangkap Jadi Dukun," Saya malah menduga Wartawan yang menulis berita ini yang Wartawan Gadungan, Wartawan yang tidak mengerti Etika dan Kode Etik Jurnalistik," Tegas Hendri. (***)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu